Making Higher Education Open To All  mail
 

Para mahasiswa Program Pascasarjana,

Perkuliahan 2016.2 akan  dimulai pada awal Agustus yad.  Mahasiswa semester pertama (baru) pasti bertanya-tanya tentang bagaimana strategi dan cara belajar supaya dapat berhasil dalam perkuliahan di Universitas Terbuka, dan bagaimana dapat melakukan sinkronisasi waktu dalam belajar dan bekerja supaya kedua tanggungjawab tersebut terlaksana dengan baik. Dalam sistem belajar apapun, diperlukan perencanaan yang baik dan kedisiplinan untuk melaksanakan rencana belajar tersebut.  Untuk beberapa waktu  mungkin Anda perlu menyesuaikan diri dengan pola dan proses pembelajaran sistem pendidikan jarak jauh.

Sebagai mahasiswa program magister, sesuai dengan Standar Pendidikan Tinggi  (lihat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 tahun 2014) Anda dituntut mempunyai standar capaian belajar  di antaranya sebagai berikut.

1.   Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif melalui penelitian ilmiah, mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah ilmiah, dan mempublikasikan tulisan dalam jurnal ilmiah.

2.   Mampu menyusun ide, hasil pemikiran dan argumentasi saintifik  secara bertanggungjawab dan berdasarkan etika akademik. dan melakukan validasi akademik sesuai bidang keahliannya

3.   Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri

Standar capaian belajar seperti itu memerlukan usaha (effort) yang terencana dan konsisten.  Mulai dari memahami dengan jernih berbagai konsep, teori,  permasalahan (issues) dalam kajian bidang keahlian tertentu,  menerapkannya dalam berbagai konteks kasus serta menganalisis implikasi dan dampaknya.  Standar capaian tersebut berlalu untuk semua prodi magister tanpa membedakan profesi mahasiswa, apakah dia sebagai pejabat pemerintah, pelaku bisnis, guru, dan sebagainya

Materi belajar utama Anda adalah Buku Materi Pokok (modul), yang perlu dibaca dan dibedah untuk dipahami maknanya.  Tandai konsep-konsep utama yang dibahas, dan buat catatan-catatan khusus untuk membantu menyegarkan pemahaman ketika Anda mempersiapkan diri untuk Ujian Akhir Semester.

Anda perlu menjadikan masa belajar di PPs-UT sebagai investasi waktu, usaha dan finansial untuk memperoleh capaian kemampuan dan wawasan berpikir yang lebih tinggi. Jangan sia-siakan kesempatan pendidikan tinggi ini dengan niat sekedar mendapat nilai lulus dan capaian belajar minimal. Investasi waktu dan usaha Anda sangat berharga.

Semester 2016.2 ini Anda mempunyai teman belajar sekitar 2260 mahasiswa di 38 UPBJJ. Jangan lupa mengunjungi forum komunikasi online untuk sharing informasi dan saling mengenal.

Selamat belajar, pelajari modul, ikuti tutorial tatap muka dan tutorial online dengan baik, persiapkan diri dengan baik untuk ujian akhir, dan semoga Anda berhasil dengan gemilang.

 

Direktur PPs.

Suciati M.Sc.Ph.D.