Making Higher Education Open To All  mail
 

Proses pembelajaran pada Program Pascasarjana UT (PPs-UT) masa registrasi 2017/18.2 telah berlangsung, sementara ini penerimaan mahasiswa baru periode I dan II pada semester 2017/2018.1 akan berakhir tanggal 23 Mei 2017. Pendaftaran admisi dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online. Jadwal Pendaftaran dan ujian masuk dapat dilihat di kalender akademik PPs-UT.PPs-UT menyediakan dua jenis layanan, yaitu program magister reguler dan program magister online. Program magister regulerdiselenggarakan dalam bentuk kombinasi belajar mandiri, pembelajaran tatap muka,dan pembelajaran online; sedangkan program magister online diselenggarakan dalam bentuk kombinasi belajar mandiri dan pembelajaran online.Proses pembelajaran pada Program Pascasarjana UT (PPs-UT) masa registrasi 2017/18.2 telah berlangsung, sementara ini penerimaan mahasiswa baru periode I dan II pada semester 2017/2018.1 akan berakhir tanggal 23 Mei 2017. Pendaftaran admisi dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online. Jadwal Pendaftaran dan ujian masuk dapat dilihat di kalender akademik PPs-UT.PPs-UT menyediakan dua jenis layanan, yaitu program magister reguler dan program magister online.

Program magister reguler diselenggarakan dalam bentuk kombinasi belajar mandiri, pembelajaran tatap muka,dan pembelajaran online; sedangkan program magister online diselenggarakan dalam bentuk kombinasi belajar mandiri dan pembelajaran online

Mahasiswa PPs-UT dituntut dapat belajar secara mandiri atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Keberhasilan cara belajar mahasiswa ditentukan oleh kemampuan mahasiswa dalam menguasai materi pembelajaran, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Mahasiswa harus secara teratur belajar berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri, mampu berkomunikasi secara efektif, memiliki disiplin diri, motivasi belajar yang kuat, dan mengatur waktu dengan efisien. PPs-UT berupaya mendukung belajar mahasiswa dengan menyediakan bahan ajar cetak dan bahan ajar non-cetak yang dirancang sedemikian rupa sehingga bahan ajar ini dapat difungsikan sebagai pengganti kehadiran dosen. Selain bahan ajar cetak, UT juga telah menyediakan BA berbentuk digital. Materi BA digital sama dengan materi BA cetak. Layanan ini dikembangkan dengan tujuan agar mahasiswa dapat mengakses BA menggunakan perangkat mobile.

PPs-UT juga menyediakan layanan bantuan belajar dalam bentukTutorial Tatap Muka(TTM), Tutorial Online(Tuton), bimbingan penulisan Tugas Akhir Program Magister  (TAPM/Tesis), dan layanan administrasi akademik. Sebagai sarana berkomunikasi baik antarmahasiswa, antara mahasiswa dengan tutor, antara mahasiswa dengan pembimbing, maupun antara mahasiswa dengan penyelenggara program PPs (di UT Pusat atau di UPBJJ-UT),PPs-UT menyediakanForum Komunitas UT-Onlineyang dapat diakses secara online pada laman  http://www.ut.ac.id  pada menu “UT Online” submenu “Layanan Belajar Online”.

Jumlah mahasiswa yang telah bergabung di PPs-UT pada masa Registrasi 2016/2017.2 sebanyak 2253 mahasiswa. Program studi yang ada meliputi: Program Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik (MAP), reguler dan online; Program Magister Manajemen (MM)bidang minat: Keuangan, Pemasaran, dan Sumber Daya Manusia, regulardan online; Program Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan (MMP), online; Program Magister Pendidikan Matematika (MPMt), regular dan online; Program Magister Pendidikan Dasar(MPDr), reguler; dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris(MPBI), reguler.

Seluruh program magister yang ditawarkan PPs-UT telah memperoleh legalitas melalui ijin penyelenggaraan dari Dikti. Pada akhir tahun 2014 PPs-UT juga telah memperolehakreditasi dengan nilai B bagi empat program studi (MAP, MM, MMP, dan MPMt) dari BAN-PT.

Selamat Bergabung di Program Pascasarjana UT

Salam,

Direktur PPs

Liestyodono B.I.