Making Higher Education Open To All

PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAP PPs-UT MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA(KKNI)

PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAP PPs-UT

MENGACU PADA KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA(KKNI) Tanggal 9 Agustus 2018

Narasumber: Dr. Roy Valiant Salomo, M.Soc.Sc (Universitas Indonesia)

Dengan diberlakukannya Perpres No.8 Tahun 2012, UUPT No.12 Tahun2012 dan PP No. 4 Tahun 2014 serta Permendikbud No. 49 Tahun 2014 berimbas pada kurikulum di setiap program, dan kurikulum akan mengacu pada capaian pembelajaran (learningoutcomes). Perumusan capaian pembelajaran  seharusnya dimulai dari capaian pembelajaran universitas merupakan capaian pembelajaran mata kuliah universitas,  sebagai  ciri  universitas yang mengacu pada visi dan misi universitas.   Capaian pembelajaran program studi (Program Learning Outcomes) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) sebagai pernyataan dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) sebaiknyamengacupadacapaianpembelajaran universitas agar dapat dicapai visi yang telah ditetapkan.

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) selain bersandar pada hasil tracerstudy, market signal  dan need analysis dari stakeholder, juga harus mengacu pada deskriptor jenjang (level) yang ditetapkan pada Perpres No.8 Tahun2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia(KKNI).  Hal ini agar terjadi keselarasan antara kompetensi yang dibentuk dalam proses pembelajaran dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada setiap jenjang pada KKNI.

ARAH PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAGISTER

Pengembangan kurikulum program magister harus mengacu dan mempertimbangkan Hal-Hal sebagai berikut:

1.    Peraturan Perundangan di Tingkat Nasional (KKNI, SN DikTi) sebagai guidance penetapan Capaian Pembelajaran di Tingkat Asosiasi dan Prodi;

2.    Visi, Misi dan Nilai-nilai Ilmu Administrasi;

3.    Arah Pengembangan Ilmu Administrasi yang didasarkan pada arah perkembangan lingkungan strategis;

4.    Mega Trend Dunia;

Masukan dari Stake-holders (Dosen, Alumni, mahasiswa, Pengguna, mitra, dan Perguruan Tinggi lainnya)

DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUM PROGRAM MAGISTER AKAR KEILMUAN

  •  Ilmu administrasi telah berkembang dari yang bersifat generic (simply administration) menjadi lebih kontekstual dan spesifik
  • Ilmu administrasi berkembang dari proses pertukaran ide dan pengalaman/praktek dalam dunia privat-industri dan pemerintah, dan antara para praktisi dan akademisi (applied science)
  • Perkembangan ilmu administrasi dipengaruhi oleh beragam pendekatan dan teori dalam cabang ilmu sosial (interdisipliner dan multidisipliner) lainnya, oleh karenanya tidak bersifat monolithic discipline.
  • Dalam ilmu administrasi, sebagaimana cabang ilmu sosial lainnya, khususnya yang beraliran anti-naturalist, sulit untuk menemukan adanya paradigm dan pendekatan yang utama karena nilai, pemaknaan, tradisi dan belief system yang diyakini dalam ilmu administrasi adalah hasil konstruksi sosial yang beragam. (Rosenberg, 2008; Cohen and Helling, 2014 )

KURIKULUM MAP DI MASA YANG AKAN DATANG

Kurikulum MAP di masa yang akan datang harus mempertimbangkan kebutuhan tenaga kerja di bidang Ilmu administrasi publik di masa yang akan datang dengan mempertimbangkan sejumlah hal seperti peraturan perundangan baik di tingkat nasional. Mata Kuliah Wajib IAPA Pada Jenjang Magister yang  perlu dipertimbangkan dalam kurikulum MAP.

1.  Teori Administrasi Publik Lanjutan

2.  Manajemen Sektor Publik

3.  Metode Penelitian Administrasi

4.  Kebijakan Publik dan Aplikasinya

5.  Teori dan Aplikasi Organisasi