Pengelolaan lingkungan di era industri 4.0 menitikberatkan pada penggunaan big data yang berbasis digital. Kondisi ini membutuhkan SDM yang memiliki kemampuan memecahkan berbagai permasalahan lingkungan yang berbasis kebijakan, teknologi, serta kearifan lokal. Untuk menjawab tantangan tersebut, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan program Magister Studi Lingkungan melalui sistem pendidikan tinggi jarak jauh (distance learning). Dalam menempuh pendidikan di UT, mahasiswa masih dapat tetap bekerja penuh waktu bersamaan dengan studinya.

Lulusan Program Magister Studi Lingkungan dipersiapkan untuk memiliki pengetahuan lanjut dalam perannya menjadi akademisi, peneliti, pegawai pemerintah dan praktisi (seperti Konsultan Lingkungan, Pemerhati Lingkungan, Ahli Konservasi Lingkungan, dan lain-lain); dan memiliki kemampuan menganalisis berbagai permasalahan lingkungan dengan pendekatan yang bersifat holistik, inovatif, dan terpadu untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

Visi

Menjadi prodi yang unggul dalam bidang pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan di era digital menggunakan pendekatan yang holistik, inovatif, dan terpadu yang berbasis kebijakan, teknologi, serta kearifan lokal yang diselenggarakan dengan sistem pendidikan jarak jauh.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dengan menggunakan sistem belajar jarak jauh.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai metode riset dan pemecahan masalah lingkungan dengan menggunakan big data guna mendukung pembangunan berkelanjutan.
  3. Mengembangkan jejaring kerjasama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan
Program ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu:

  1. Mengusulkan alternatif solusi penanganan permasalahan lingkungan dengan menggunakan pendekatan yang bersifat holistik, inovatif, dan terpadu;
  2. Berkontribusi dalam riset untuk penanganan permasalahan lingkungan berbasis kebijakan, teknologi, serta kearifan lokal;
  3. Berkontribusi dalam pengambilan keputusan dengan menerapkan teori dan konsep perilaku manusia, ekonomi, serta tata ruang dalam menghadapi permasalahan lingkungan; dan
  4. Mendiseminasikan kajian penanganan permasalahan lingkungan dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah.

Capain Pembelajaran
a. Kemampuan Kerja
Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Studi Lingkungan:

  1. Mampu mengusulkan alternatif permasalahan lingkungan.
  2. Mampu memecahkan berbagai permasalahan lingkungan dengan menggunakan pendekatan yang bersifat holistik, inovatif, dan terpadu.
  3. Mampu berkontribusi dalam perencanaan riset dalam bidang penanganan lingkungan dan/atau mengelola riset di dalam bidang penanganan lingkungan.

b. Penguasaan Pengetahuan
Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Studi Lingkungan:

  1. Menguasai pemecahan keputusan dengan  memanfaatkan  teori  dan prinsip-prinsip  pembangunan  berkelanjutan melalui   pendekatan   sistem dan   analisis kebijakan.
  2. Mampu mendiseminasikan kajian penanganan permasalahan lingkungan dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah terakreditasi.
  3. Mampu memimpin organisasi, menyusun rencana, mengimplementasikan, dan mengevaluasi strategi penanganan permasalahan lingkungan secara transparan dan akuntabel dengan menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan.

c. Sikap dan Ketrampilan
Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Studi Lingkungan memiliki sikap dan keterampilan:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  3. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  4. Memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  5. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  6. Bersikap positif terhadap kemandirian dalam belajar dan pembelajaran seumur hidup, baik untuk kemajuan pribadi, profesional maupun  menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.

Kurikulum Program Magister Studi Lingkungan
Program Magister Studi Lingkungan ditawarkan dalam 2 (dua) skema layanan, yakni program reguler dan program online.
Struktur kurikulum Program Magister Studi Lingkungan sebagai berikut.

SISTEM PEMBELAJARAN
Sistem pembelajaran Program Magister Studi Lingkungan sebagai berikut:

  1. Belajar Mandiri
    Belajar atas inisiatif sendiri berdasarkan kapasitas masing – masing dengan waktu dan tempat belajar sesuai waktu yang dimiliki dan tempat yang disukai.
  2. Tutorial Tatap Muka (TTM)
    TTM bagi mahasiswa program reguler diselanggarakan dalam bentuk 4 x perkuliahan tatap muka di dalam ruang kelas (real class), sedangkan TTM untuk mahasiswa program online dilakukan melalui Tutorial webinar (Tuweb)
  3. Tutorial Online
    Tutorial online dilakukan dalam bentuk bimbingan belajar melalui jaringan internet yang dapat diakses mahasiswa secara mudah dan fleksibel.

BIAYA PENDIDIKAN
Biaya pendidikan terdiri dari biaya SPP, biaya ujian sidang dan biaya ulang mata kuliah atau ulang ujian sidang dan biaya Lewat Masa Studi (LMS). Biaya SPP semester 1 sampai 6 sebesar Rp. 8.000.000,-. Biaya SPP sudah termasuk biaya paket bahan ajar, tutorial, Ujian Akhir Semester dan pembimbingan.
Biaya ujian sidang sebesar Rp. 6.500.000,-.
Biaya ulang mata kuliah Rp.1.000.000,-/mata kuliah dan biaya ulang ujian sidang Rp.6.500.000,-.
Biaya Lewat Masa Studi (semester 7 dan seterusnya) sebesar Rp. 1.000.000,-/semester.

TUTOR/DOSEN/PEMBIMBING TESIS/PENGUJI LUAR/NARASUMBER
Tutor, Pembimbing, Penguji Ahli/Penguji Luar dan narasumber kuliah umum dan kegiatan lainnya  adalah dosen dari Perguruan Tinggi dan atau praktisi yang memenuhi persyaratan.

LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK
Layanan administrasi akademik diberikan dalam bentuk layanan konsultasi atau pemberian informasi administrasi akademik yang dapat dilakukan secara langsung di UPBJJ-UT dan di Program Pascasarjana di UT Pusat. Layanan ini juga dapat dilakukan secara tidak langsung melalui berbagai media (surat, fax, telepon, e-mail, sms, wa, atau melalui kontak center di HALLO UT yang dapat diakses di www.ut.ac.id).

LAYANAN BAHAN AJAR
Bahan ajar yang digunakan mahasiswa Program Magister Studi Lingkungan berupa Bahan Ajar Cetak (modul). Bahan Ajar Cetak dikembangkan oleh dosen yang kompeten dari Perguruan Tinggi terkemuka di Indonesia. Layanan bahan ajar dilakukan melalui pengiriman Bahan Ajar Cetak langsung ke UPBJJ UT (bagi mahasiswa program reguler) atau langsung ke alamat rumah (bagi mahasiswa program online).

 EVALUASI HASIL BELAJAR
A. Nilai Hasil Belajar Semester

Nilai hasil belajar matakuliah  didasarkan pada hasil perhitungan nilai Tutorial Online (20%), nilai Tutorial Tatap Muka atau Tuweb (40%) dan nilai Ujian Akhir Semester UAS (40%). Khusus untuk matakuliah Studi Mandiri (MSLK5300) tidak ada UAS, Nilai akhir matakuliah ini hanya didasarkan pada hasil tutorial.

B. Tugas Akhir Program Magister (TAPM/Tesis)

Mahasiswa wajib membuat tugas akhir dalam bentuk Tesis. Di akhir program, apabila nilai mata kuliah sudah memenuhi persyaratan, mahasiswa dapat mengikuti ujian sidang TAPM/Tesis sebagai persyaratan kelulusan dari program Magister Studi Lingkungan.

GELAR AKADEMIK

Gelar bagi lulusan Program Magister Studi Lingkungan adalah Magister Lingkungan (M.Ling.).

PERSYARATAN CALON MAHASISWA

  1. Sarjana (S1) atau Diploma IV (D IV) dari berbagai bidang keilmuan/profesi.
  2. Memiliki TOEFL dan TPA ≥ 450 atau lulus tes TOEFL dan TPA yang diselenggarakan PPs UT dengan nilai ≥ 450 dan lulus tes substansi yang meliputi materi Pengantar Ilmu Lingkungan dan Sistem Sosial.
  3. Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus tes TOEFL dan TPA yang diselenggarakan PPs UT dengan nilai ≥ 450, tetap dapat mengikuti Prodi ini namun tetap  diwajibkan memperbaiki nilai TOEFL dan TPA hingga memenuhi persyaratan (≥ 450) saat kelulusan akhir program.
  4. Bagi calon mahasiswa yang tidak lulus tes substansi wajib mengikuti matrikulasi mata kuliah Pengantar Ilmu Lingkungan atau Sistem Sosial (salah satu atau keduanya) bersamaan dengan mata kuliah paket semester 1 dengan biaya sesuai dengan biaya PMKM (Program Matakuliah Mandiri)
  5. Bagi calon mahasiswa yang diterima menjadi mahasiswa prodi ini baik yang bebas matrikulasi maupun yang wajib mengikuti matrikulasi, harus mengikuti kegiatan Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang terdiri dari: membaca efektif BMP/artikel jurnal (nasional/internasional), menulis ilmiah, sukses mengikuti tutorial,`mengakses dan memanfaatkan layanan online dan sukses mengerjakan tugas kuliah.

ADMISI
Untuk dapat menjadi peserta program studi ini, calon mahasiswa harus:

  1. Mengisi data pribadi dan mengunggah berkas pendaftaran di sia.ut.ac.id.
  2. Membayar biaya tes masuk 750.000,- di BRI, BTN, atau Bank Mandiri dengan menggunakan Lembar Informasi Pembayaran (LIP) UT yang dapat dicetak dari aplikasi.
  3. Mengikuti tes (TOEFL, TPA dan Tes Masuk Substansi) secara online di UPBJJ-UT.
  4. Peserta yang dinyatakan lulus tes, wajib :
  5. Melakukan registrasi secara online di sia.ut.ac.id dan menyerahkan hard copy berkas admisi ke UPBJJ-UT.
  6. Membayar biaya SPP paket mata kuliah semester I (Rp. 8.000.000,-) di BRI, BTN, atau Bank Mandiri dengan menggunakan Lembar Informasi Pembayaran (LIP) UT yang dapat dicetak dari aplikasi.

JADWAL UMUM

Jadwal admisi, tes masuk dan registrasi setiap semester sebagai berikut:

Semester Activity Time
Ganjil Admission Maret – April
Tes Masuk April – Mei
Registrasi Sem I Juli – Agustus
Genap Admission September – Nopember
Tes Masuk Oktober – Desember
Registrasi Sem I Januari – Februari

 

 

 

 

 

 

 

Jadwal kegiatan akademik lainnya untuk semester berjalan
dapat diakses di website pasca.ut.ac.id di laman
https://www.ut.ac.id/kalender-akademik/pps

SUMBER INFORMASI
Apabila Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut
anda dapat menghubungi UPBJJ-UT (kantor cabang UT di daerah) atau Program Pascarjana di UT Pusat atau langsung ke Kaprodi Magister Studi Lingkungan.

PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS TERBUKA
Jl. Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang
Tangerang Selatan 15418
Telp. +62 21 7490941 ext. 2437
         +62 21 7415050
Fax. +62 21 7415 588
Email. pps@ecampus.ut.ac.id

KANTOR CABANG UT DI SELURUH WILAYAH
DI INDONESIA
Alamat kantor cabang UT (Unit Program Belajar Jarak Jauh
Universitas Terbuka/UPBJJ-UT),
email dan no telpon dari UPBJJ-UT di seluruh wilayah Indonesia dapat diakses di
https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat

Kaprodi Magister Studi Lingkungan:
Dr. Ir. Nurhasanah, M.Si.

Telp. +62 21 7490941 ext. 2441
Hp. 0817820040
Email: prodisl@ecampus.ut.ac.id