Pendaftaran Silahkan Klik Admisi

Sejak 2015 Program Pascasarjana UT (PPs-UT) telah menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Dasar. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat terkendala tempat dan waktu tetapi memiliki kemampuan untuk komunikasi secara online, mulai 2015.1. PPs-UT menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR). Program ini sepenuhnya menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi informasi mulai dari pendaftaran (admisi), registrasi matakuliah semester, proses belajar, bimbingan belajar, dan bantuan layanan belajar. Mahasiswa melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan internet dan paket materi belajar multimedia, mahasiswa perlu datang ke kantor UT dan/atau cabangnya di daerah 4 x (kali) Tutorial Tatap Muka dalam satu semester dan saat ujian akhir semester, Bimbingan Tesis Residensial (BTR), dan ujian sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM/Tesis).

Mandat DIKTI untuk penyelenggaraan program

Visi

Program Magister Pendidikan Dasar menjadi penyelenggara pendidikan unggulan bidang ilmu pendidikan dasar jenjang magister melalui pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh, yang mampu bersaing pada tataran nasional.

Misi

Program Magister Pendidikan Dasar memiliki misi sebagai berikut.

  1. Memperluas kesempatan belajar pada jenjang Pendidikan Tinggi tingkat Magister melalui Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ).
  2. Menghasilkan lulusan Magister yang kompeten dalam bidang ilmu pendidikan dasar dan mampu bersaing pada tataran nasional.
  3. Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang ilmu pendidikan dasar yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung perwujudan maasyarakat berbasis pengetahuan.
  4. Melakukan penelitian dan diseminasi dalam bidang ilmu pendidikan dasar dan bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh.
  5. Melakukan pengabdian pada masyarakat sesuai bidang ilmu pendidikan dasar dan pendidikan terbuka dan jarak jauh.
  6. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan Pendidikan Magister pada tingkat nasional.

Tujuan

Program Magister Pendidikan Dasar UT dilaksanakan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi akademik magister dalam pendidikan dasar, yang memiliki kompetensi sebagai berikut.

  1. Mampu menganalisis berbagai praktik pendidikan dasar menggunakan landasan filsafat dan dinamika pembelajaran sesuai perkembangan ilmu pendidikan dasar.
  2. Mampu merancang, menggunakan dan mengevaluasi penggunaaan berbagai model pembelajaran inovatif dan interaktif pada pendidikan dasar.
  3. Mampu menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum serta penerapannya pada pendidikan dasar.
  4. Mampu menganalisis praktik kepemimpinan dan manajemen pendidikan dasar berdasarkan kriteria manajemen efektif dalam era desentralisasi  dan good governance.
  5. Mampu membandingkan praktik pendidikan dasar di berbagai negara berdasarkan wilayah dan dimensi sosial budaya.
  6. Mampu melakukan evaluasi dan penelitian program pendidikan dasar dengan menggunakan berbagai pendekatan dan desain penelitian untuk menghasilkan pemecahan masalah atau pengembangan keilmuan pendidikan dasar.

Struktur kurikulum Program Magister Pendidikan Dasar  sebagai berikut.

MPDR