Making Higher Education Open To All  mail
 

PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS 
 
Telah dibuka Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris mulai 2016.2
Pendaftaran untuk masa registrasi 2017.2 tahap I, dibuka pada tanggal 13 Maret - 5 April 2017, dan pelaksanaan tes masuk tahap I tanggal 6 Mei 2017, Tahap II dibuka pada tanggal 13 April - 23 Mei 2017, dan pelaksanaan tes masuk tahap II tanggal 10 Juni 2017, . 
 
Pendaftaran melalui aplikasi registrasi online di website
 
Program ini ditawarkan oleh seluruh UPBJJ-UT. Bagi yang berminat dapat menghubungi kantor UPBJJ-UT di daerah.
 
 
 

MAGISTER PENDIDIKAN DASAR

Pendaftaran Silahkan Klik Admisi

Sejak 2015 Program Pascasarjana UT (PPs-UT) telah menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Dasar. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sangat terkendala tempat dan waktu tetapi memiliki kemampuan untuk komunikasi secara online, mulai 2015.1. PPs-UT menyelenggarakan Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR). Program ini sepenuhnya menggunakan model pembelajaran berbasis teknologi informasi mulai dari pendaftaran (admisi), registrasi matakuliah semester, proses belajar, bimbingan belajar, dan bantuan layanan belajar. Mahasiswa melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan internet dan paket materi belajar multimedia, mahasiswa perlu datang ke kantor UT dan/atau cabangnya di daerah 4 x (kali) Tutorial Tatap Muka dalam satu semester dan saat ujian akhir semester, Bimbingan Tesis Residensial (BTR), dan ujian sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM/Tesis).

Mandat DIKTI untuk penyelenggaraan program

 
Visi
 
Program Magister Pendidikan Dasar memiliki visi mewujudkan proses pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/atau profesional keilmuan pendidikan dasar (basic education) sebagai landasan dan metode kerja dalam menganalisis, mengevaluasi, dan merancang perbaikan proses pendidikan di SD dan/atau SMP.
 
Misi
 
Program Magister Pendidikan Dasar memiliki misi sebagai berikut.
1. Memperluas kesempatan belajar pada tingkat magister dalam bidang pendidikan dasar  melalui sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.
2. Menghasilkan sumberdaya pendidikan dengan kualifikasi akademik magister pendidikan  dalam bidang keilmuan pendidikan dasar (basic education).
3. Menghasilkan produk akademik dan/atau profesional terkait perencanaan, penyelenggaraan, pengelolaan, penilaian, dan/atau perbaikan  pendidikan di SD dan SMP sebagai hasil kajian tingkat magister pendidikan.
4. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan pada tingkat nasional dan global.
 
 
Tujuan

Program Magister Pendidikan Dasar UT dilaksanakan untuk menghasilkan pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi akademik magister dalam pendidikan dasar, yang memiliki kompetensi sebagai berikut:

1. Mampu menganalisis berbagai praktek pendidikan dasar menggunakan landasan filsafat dan dinamika pembelajaran sesuai perkembangan ilmu pendidikan dasar.
2. Mampu merancang, menggunakan dan mengevaluasi penggunaaan berbagai model pembelajaran inovatif pada pendidikan dasar.
3. Mampu menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi kebijakan pendidikan dan pengembangan kurikulum serta penerapannya pada pendidikan dasar.
4. Mampu menganalisis praktek kepemimpinan dan manajemen pendidikan dasar berdasarkan kriteria manajemen efektif dalam era desentralisasi dan good governance.
5. Mampu membandingkan praktek pendidikan dasar di berbagai negara berdasarkan wilayah dan dimensi sosial budaya.
6. Mampu melakukan evaluasi dan penelitian program pendidikan dasar dengan menggunakan berbagai pendekatan dan desain penelitian untuk menghasilkan pemecahan masalah atau pengembangan keilmuan pendidikan dasar.
 

 

Kurikulum

 

Semester I

 

1

MPDR5101

Filsafat Pendidikan Dasar

3

2 MPDR5102 Integrasi Teori dan Praktek Pembelajaran 3
3 MPDR5103 Metode Penelitian Pendidikan 4
4 MPDR5105 Kebijakan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar 3

 

Semester II

 

5 MPDR5201 Perencanaan dan Pembiayaan Pendidikan Dasar 3
6 MPDR5202 Statistik Pendidikan 3
7 MPDR5203 Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif 3
8 MPDR5204 Difusi Inovasi Pendidikan Dasar 3

 

Semester III

 

9 MPDR5104 Evaluasi Program Pendidikan 3
10 MPDR5301 Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar 3
11 MPDR5302 Studi Komparatif Pendidikan Dasar di berbagai Negara 3
12 MPDR5300 Seminar dan Workshop Proposal Penelitian 2

 

Semester IV

 

13

MPDR5400

Tugas Akhir Program Magister 6

Total SKS

42

 


MODEL PEMBELAJARAN

1. Registrasi, orientasi studi, dan penerimaan materi perkuliahan secara online Bila diperlukan materi dapat diterima melalui pos dalam bentuk tercetak dan terekam (multimedia)

2.

Mempelajari buku materi pokok tercetak, mengerjakan latihan, dan mengerjakan tes formatif (Modul 1-9) secara mandiri

3.

Mahasiswa belajar dalam forum online dengan mencermati materi Inisiasi I sampai 8 di website Tuton Online, dan mendiskusikannya dengan teman sejawat dengan fasilitasi tutor secara maya

4.

Mengerjakan Tugas I, II, III, dan IV dan diunggah pada website Tuton Online untuk dinilai oleh Tutor. 

5. Mengikuti Tutorial Tatap Muka 4 x (kali). Melakukan bimbingan akademik saat tutorial tatap muka atau tutorial online

6.

Penanganan masalah administrasi melalui secara online dan menggunakan media komunikasi lainnya.

7.

Mengikuti Ujian Akhir Semester di kantor UPBJJ UT sesuai dengan registrasi awal mahasiswa.

SISTEM PENILAIAN

Nilai akhir mahasiswa diperoleh dari :

a. Proses pembelajaran yang terdiri atas aktivitas dalam tutorial online, berupa membaca, memberi komentar, menyanggah, dan mengulas, mengusulkan masalah dan kegiatan mengikuti TTM yang terdiri atas kehadiran diskusi kelas dan penyelesaian tugas-tugas. Kegiatan tuton dan TTM ini memiliki kontribusi sebesar 60%;

b. Nilai ujian akhir semester (40%).

c. Pada akhir program, mahasiswa wajib membuat Tugas Akhir Program (TAPM) atau Tesis dan mempertahankan dalam ujian sidang serta mempublikasikan artikel ilmiah sebagai persyaratan kelulusan Program Magister Pendidikan Dasar. 

 

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya Pendidikan untuk Program Magister Silahkan klik link ini Biaya Pendidikan.                 

BAHAN AJAR DAN TUTOR

Buku materi pokok MPDR-UT ditulis oleh pakar dari berbagai universitas di Indonesia yang bergelar doktor dan atau profesor. Tutorial juga diasuh oleh dosen dari berbagai perguruan tinggi yang bergelar doktor dan atau profesor.

PERSYARATAN MENJADI MAHASISWA

1. Berijazah minimal Sarjana Kependidikan dari berbagai bidang ilmu dan sarjana non kependidikan yang telah mempunyai akta mengajar.

2. Memiliki nilai TOEFL Internasional atau Institusional minimal 450 yang masih berlaku (2 tahun terakhir) atau lulus tes bahasa Inggris yang diselenggarakan UT.

3. Lulus tes substansi bidang pendidikan dasar.

4. Mendapatkan izin tertulis dan rekomendasi dari pejabat yang berwenang.

5. Berstatus sebagai guru atau pengelola atau pengawas sekolah (ditunjukan dengan SK dari Dinas P&K)..

6. Mampu dan terbiasa komunikasi dan mencari informasi menggunakan internet.

PENDAFTARAN/ADMISI

Admisi dilakukan sebagai berikut.

a. Melakukan pendafaran secara online menggunakan sistem registrasi online UT dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.500.000,00.

b. Jadwal Pendaftaran Admisi Mahasiswa Baru dapat dilihat pada kalender akademik Universitas Terbuka di bagian Pascasarjana http://www.ut.ac.id/kalender-akademik 

c. Mengunggah (meng-upload) berkas portofolio melalui sistem admisi online PPS-UT; terdiri dari:

1) Ijazah dan Transkrip S1 yang dilegalisir oleh yang berwenang;

2) Kopi Nilai TOEFL terakhir;

3) Tulisan ilmiah tentang topik kajian yang Anda minati pilihan program studi antara 3500 – 5000 kata.

d. Setelah dinyatakan lulus seleksi, mahasiswa membayar SPP Paket I untuk type A sebesar Rp 7.450.000,00 atau untuk type B sebesar Rp 9.350.000,00 secara online dan menerima paket dari PPS-UT, berupa:

1) Kartu mahasiswa.

2) Katalog PPs-UT

3) Buku materi pokok paket 1.

e. Mahasiswa dapat mengunduh panduan lain dari website PPs untuk:

1) Pedoman Penyelenggaraan Program Pascasarjana.

2) Deskripsi Mata Kuliah.

3) Panduan Tutorial Online.

4) Katalog PPs-UT (terbaru, setiap tahun)

JADWAL UMUM

Kegiatan Smt Genap Smt Ganjil

Pendaftaran

April-Mei

Oktober-November

Perkuliahan

Agustus-November

Februari-Mei

Ujian Akhir Semester

November

Mei

Pengumuman UAS

Januari

Juli

 
Segera Hubungi
Program Pascasarjana Universitas Terbuka
Gedung Pascasarjana
Jl.Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15418
Telp.+62217490941 psw 2451, Faks.+62217415588, website: www.ut.ac.id
Kontak person : Suroyo dan Sandra Sukmaning Adji.
Email :  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
Pendaftaran Silahkan Klik ADMISI

Program Magister Pendidikan Matematika

Program Magister Pendidikan Matematika (MPMT) UT dirancang untuk memberi kesempatan kepada lulusan S-1 Pendidikan Matematika baik yang berprofesi sebagai guru SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK/MAK, serta dosen perguruan tinggi yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S2.

Program MPMT-UT mempunyai kurikulum yang didesain untuk menghasilkan guru/pendidik matematika yang profesional dan pengembang pendidikan bidang ilmu matematika yang mampu berpikir deduktif, logis, analisis, dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sebagai guru/pendidik matematika.

Program MPMT-UT sangat sesuai bagi guru dan dosen yang bertugas di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kemampuan sebagai pendidik profesional dan ilmuwan melalui peningkatkan kompetensi bidang pendidikan matematika tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

Visi

Penyelenggara Program Magister Pendidikan Matematika di Indonesia uang dilaksanakan secara jarak jauh, yang mampu bersaing secara regional, nasional, dan internasional.

Misi

1. Meningkatkan kualifikasi akademik dan kemampuan pendidik dalam bidang pendidikan matematika sebagai ilmu yang mendasari perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

2. Meningkatkan kemampuan pendidik untuk mengantisipasi dan memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran matematika secara komprehensif dan integratif.

3. Meningkatkan kemampuan pendidik dalam mengantisipasi dan mengelola perkembangan teori, paradigma dan sistem pembelajran matematika untuk menjamin optimalisasi proses dan hasil hasil belajar peserta didik.

4. Berperan aktif dalam pendidikan, pengembangan serta penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dan keguruan di bidang matematika, secara berkesinambungan.

5. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

 

1. Menguasai bidang ilmu matematika sebagai ilmu universal dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menguasai strategi pembelajaran matematika untuk berbagai jenjang pendidikan sehingga mampu mengelola pembelajaran matematika kontekstual secara menarik dan menantang yang membuat peserta didik mandiri, aktif belajar serta mampu memecahkan masalah (problem solving), membuat kaitan (making connection), berpikir logis, sistemis, konsisten dan kreatif.

3. Berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan pendidikan matematika.

4. Berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat sebagai penerapan keilmuan matematika dan pembelajaran matematika.

 

Kompetensi Utama

 

1. Mampu mengembangkan kerangka teori & praktek pendidikan matematika berlandaskan pada teori pendidikan & ilmu lain yang relevan.

2. Mampu melakukan kajian reflektif terhadap praktek pendidikan matematika.

3. Mampu melakukan penelitian dalam pendidikan matematika dan mengembangkan berbagai alternatif solusi permasalahan dalam bidang pendidikan matematika.

4. Mengembangkan diri secara profesioanal sehingga dapat mengikuti perkembangan ilmu pendidikan matematika.

Kompetensi Pendukung

1.Menguasai prinsip dan pengelolaan pembelajaran serta mengembangkan program pembelajaran dengan menerapkan inovasi tentang pengelolaan pendidikan matematika secara konkret.

2. Menguasai substansi ilmu dasar matematika.

3. Menguasai berbagai pendekatan dan ketrampilan dalam rangka penelitian.

4. Menguasai ilmu dasar statistika dan alat analisis data untuk penelitian pendidikan matematika kuantitatif dan kualitatif.

5. Mampu menerapkan inovasi tentang pengelolaan matematika secara konseptual.

6. Bersikap inovatif dan adaptif terhadap berbagai inovasi pendidikan matematika.

7. Menguasai konsep informasi dan komunikasi (ICT)

 

Biaya Pendidikan



Magister Manajemen Perikanan

UT memberi kesempatan kepada lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu dan telah bekerja di bidang perikanan serta lulusan D-IV bidang perikanan untuk mengikuti kuliah Pascasarjana UT pada program Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan (MMP-UT). Program Magister Manajemen Perikanan - UT mendidik mahasiswa menjadi kompeten dan profesional dalam menerapkan teori, menggunakan konsep dan melaksanakan praktek pengelolaan perikanan yang efektif dan efisien. Karena itu, lulusan program MMP-UT akan menjadi manajer yang profesional dan handal dalam bidang manajemen perikanan. Program ini sangat sesuai bagi para pejabat pemerintah pusat, pegawai pada Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), pejabat pemerintah daerah seperti Kepala Dinas Bidang Kelautan dan Perikanan, aktivis LSM, peneliti, serta profesional yang akan meningkatkan kompetensi di bidang manajerial perikanan yang tidak bisa mengikuti kuliah dengan cara tatap muka sangat cocok mengikuti program pascasarjana dengan sistem belajar jarak jauh ini.

Visi

Menjadi pelaksana pendidikan akademik ilmu kelautan bidang minat Manajemen Perikanan unggulan tingkat magister sistem Pendidikan Jarak Jauh yang mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.

Misi

1. Meningkatkan kemampuan manajer atau praktisi profesional dalam bidang Manajemen Perikanan

2. Meningkatkan kemampuan dalam memecahkan permasalahan perikanan secara komprehensif dan integratif.

3. Meningkatkan kemampuan untuk mengantisipasi dan mengelola perubahan faktor internal dan eksternal perikanan untuk manjamin optimalisasi kinerja yang berkelanjutan dalam pembangunan perikanan.

 

Tujuan Pendidikan

Meningkatkan profesionalisme aparatur publik dan praktisi perikanan sehingga mampu mengembangkan dan menerapkan keahlian manajemen perikanan dalam meningkatkan pembangunan sektor perikanan.

 

Kompetensi Utama

 

1.Mahasiswa mampu menerapkan prinsip-prinsip ilmu manajemen dan riset bisnis.

2.Mahasiswa mampu menerapkan dasar-dasar ekologi dan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya perikanan.

3. Mahasiswa mampu melakukan analisis kuantitatif dan kualitatif.

4. Mahasiswa mampu melakukan pengelolaan wilayah perikanan dan kelautan.

5.Mahasiswa mampu menguasai dan dapat mengaplikasikan pengelolaan pembangunan perikanan berkelanjutan.

Kompetensi Pendukung

Mahasiswa mampu melakukan penelitian di bidang perikanan dan kelautan.