1. Tutorial Tatap Muka (TTM)

TTM hanya dikhususkan untuk mahasiswa yang mengambil Program Magister Reguler. Aspek yang dinilai dalam TTM adalah kehadiran, keaktifan/partisipasi dalam diskusi kelas selama TTM berlangsung, serta hasil pengerjaan tugas yang telah diunduh mahasiswa dari Tuton. Nilai TTM berkontribusi 40% terhadap nilai akhir mata kuliah. Skor TTM akan berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah jika skor UAS minimal 40% dari skor maksimal.

  1. Tutorial Online (Tuton)

Tuton diwajibkan bagi semua mahasiswa PPs-UT, baik untuk program magister reguler maupun online. Aspek yang dinilai dalam Tuton adalah akses terhadap materi Tuton (materi inisiasi, diskusi, dan tugas), partisipasi dalam diskusi dan penyelesaian tugas. Bagi mahasiswa Program Magister Reguler, nilai Tuton berkontribusi sebesar 20% terhadap nilai akhir mata kuliah, sedangkan bagi mahasiswa Program Magister Online, nilai Tuton berkontribusi sebesar 60% terhadap nilai akhir mata kuliah. Skor Tuton akan berkontribusi terhadap nilai akhir mata kuliah jika skor UAS minimal 40% dari skor maksimal.

  1. Ujian Akhir Semester (UAS)

UAS merupakan salah satu bentuk penilaian untuk mengukur keberhasilan belajar mahasiswa PPs-UT dalam satu semester. Bagi mahasiswa Program Magister Reguler dan Online, nilai UAS berkontribusi 40% terhadap nilai akhir mata kuliah. Standar minimal kelulusan UAS adalah skor 40% dari skor maksimal. Bentuk soal UAS berupa soal uraian (esai) dalam bentuk kasus.  Jawaban tes uraian dikerjakan dalam Buku Jawaban Ujian (BJU).

UT menyelenggarakan UAS secara serentak di tempat ujian yang telah ditentukan dan tidak memberikan layanan ujian susulan. Mahasiswa yang tidak mengikuti ujian akhir semester sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, wajib mengulang mata kuliah di semester berikutnya.

Bagi mahasiswa yang mendapat nilai D atau E harus mengulang seluruh komponen penilaian (ulang mata kuliah), mencakup nilai ulang Tuton dan nilai ulang UAS.