Making Higher Education Open To All  mail
 

DESKRIPSI MATAKULIAH

Untuk memberikan penjelasan tentang isi mata kuliah maka dibuat deskripsi setiap mata kuliah untuk semua mata kuliah yang ditawarkan oleh UT. Deskripsi ini disusun berdasarkan kelompok mata kuliah yang ada pada masing-masing program di Program Pascasarjana sehingga dapat membantu calon mahasiswa dan mahasiswa serta pihak-pihak lain yang menggunakannya.

MAPU5101, Teori Ilmu Administrasi, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai konsep dan teori administrasi publik, sentralisasi dan desentralisasi, transformasi organisasi, administrasi dan kebijakan publik, perencanaan, pengawasan dan pengendalian, permasalahan yang berhubungan dengan administrasi publik, antara lain perilaku organisasi, teori sistem dan reformasi administrasi dan good governance. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan mampu menganalisis penerapan teori administrasi publik dalam berbagai bidang.

MAPU5102, Teori dan Isu Pembangunan, 3 sks

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang berisi kajian tentang isu-isu pembangunan yang dianalisis dari teori-teori pokok pembangunan. Teori-teori pembangunan yang dibahas adalah: teori pertumbuhan, teori modernisasi, teori dependensi, dan teori sistem dunia. Sedangkan isu-isu yang dibahas meliputi: pemberdayaan masyarakat, kemiskinan dan keterbelakangan, konflik dan disparitas sosial, korupsi, serta otonomi daerah. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menganalisis isu-isu pembangunan kontemporer berdasarkan teori-teori pokok pembangunan.

MAPU5103, Metode Penelitian Administrasi, 4 sks

Mata kuliah ini membahas tentang logika penelitian administrasi publik yang mengandung komponen perumusan permasalahan penelitian, perumusan kerangka teoritik, penentuan metodologi penelitian, analisis temuan, dan penarikan kesimpulan. Setelah membaca seluruh isi bahan ajar, mahasiswa diharapkan mampu melakukan penelitian administrasi dengan menggunakan logika ilmiah dan prosedur yang benar.

MAPU5104, Inovasi dan Perubahan Organisasi, 4 sks

Mata kuliah ini membahas tentang organisasi, inovasi dan perubahan  organisasi. Pembaca akan memperoleh gambaran tentang pengertian dan lingkup organisasi baik organisasi yang dibahas pada aspek makro maupun mikro. Pembahasan organisasi pada aspek makro adalah pembahasan dengan unit analisis organisasi, seperti: strategi, struktur organisasi, perubahan organisasi, dan inovasi organisasi. Sedangkan pembahasan pada tingkat mikro adalah pembahasan dengan unit analisis individu dan kelompok, seperti: perilaku individu dan kelompok, motivasi, dan komunikasi. Dengan mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan tentang organisasi, kemudian melakukan evaluasi organisasi dan mendesain perubahan organisasi.

MAPU5201, Manajemen Sumber Daya Manusia, 3 sks

Mata kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) ini membahas tentang: tantangan dan perubahan peran MSDM, isu SDM, SDM strategik, pelatihan dan pengembangan karyawan, kesejahteraan karyawan, dan evaluasi fungsi MSDM. Selain itu, juga membahas perencanaan SDM, pengangkatan pegawai, penilaian kinerja, pengelolaan karier, sistem penghargaan dan hubungan ketenagakerjaan di organisasi pemerintah. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi pelaksanaan fungsi-fungsi atau kegiatan-kegiatan MSDM di dalam suatu organisasi pemerintahan.

MAPU5202, Administrasi Keuangan Publik, 4 sks

Mata kuliah ini membahas konsep keuangan negara dan daerah, sumber-sumber penerimaan negara, pengeluaran negara, anggaran negara, pembiayaan pembangunan, kebijakan pemerintah di bidang keuangan negara, hubungan keuangan antara pusat dengan daerah, dan pengawasan keuangan publik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengevaluasi berbagai aspek keuangan publik dari sisi penerimaan maupun pengeluaran baik secara teoritis maupun kebijakan dalam konteks Indonesia.

MAPU5203, Pemerintahan Daerah, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan di daerah, baik secara konseptual (teoritik) maupun kasuistik. Kajian di dalamnya mencakup: 1) konsep dasar desentralisasi dan pemerintahan daerah, 2) dimensi struktural penyelenggaraan otonomi daerah, 3) peran lokal dalam kebijakan nasional, 4) otonomi daerah dan good governance, 5) otonomi daerah dan pemberdayaan masyarakat,  6) pemerintahan kawasan perkotaan, 7) manajemen strategik dalam pemerintahan daerah, 8) pembinaan dan pengawasan dalam pemerintahan daerah, serta 9) sistem pemerintahan daerah di berbagai  negara. Melalui substansi kajian tersebut, mahasiswa diharapkan dapat menganalisis gejala otonomi daerah dan pemerintahan daerah secara komprehensif dengan mengakomodasi isu-isu kekinian, seperti: pemberdayaan masyarakat, kesejahteraan, dan good governance.

MAPU5301, Analisis Kebijakan Publik, 4 sks

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kebijakan publik, konsep dasar analisis kebijakan publik, aktor-aktor dalam analisis kebijakan publik, formulasi masalah dan alat bantu analisis kebijakan publik, model-model analisis dan alternatif kebijakan publik, serta metode analisis kebijakan publik. Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menganalisis isu-isu kebijakan publik dalam berbagai bidang.

MAPU5302, Manajemen Strategik  Organisasi Publik, 3 sks

Mata kuliah ini membahas secara mendalam mengenai keterampilan manajemen dan organisasi yang sangat dibutuhkan dalam merencanakan dan mengelola kegiatan-kegiatan strategik berikut konsep-konsep manajemen strategik dan  mengkaji kasus-kasus nyata dalam situasi organisasi yang dinamik, global, dan penuh persaingan. Dengan demikian mahasiswa mampu menggambarkan peran manajemen strategik pada organisasi publik dalam menghadapi tuntutan stakeholders global yang dinamis.

MAPU5303, Kebijakan Pengembangan Wilayah dan Perkotaan, 3 sks

Mata kuliah ini berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan: studi kewilayahan dan konsep pengembangan lingkungan, kewilayahan dan konsep pengembangan lingkungan, kewilayahan kawasan lindung dan pengelolaan lingkungan hidup, kewilayahan kawasan budidaya, penataan ruang, pengembangan wilayah serta kebijakannya, sistem informasi, pengembangan wilayah perkotaan, serta kebijakan pengembangan wilayah khusus. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat mengevaluasi berbagai kebijakan yang berhubungan dengan pengembangan wilayah dan perkotaan baik secara teoritis maupun praktek dengan studi kasus wilayah dan perkotaan di Indonesia, khususnya daerah/wilayah di tempat mahasiswa tinggal.

MAPU5300, Studi Mandiri, 2 sks

Mata kuliah ini tidak ada bahan ajar atau ujian akhir semester (UAS)-nya, namun mahasiswa wajib melakukan pembimbingan secara intensif dengan Pembimbing untuk menghasilkan sebuah proposal penelitian. Proposal penelitian ini diharapkan dalam lingkup kajian administrasi publik sehingga dapat dilanjutkan sebagai Proposal Tugas Akhir Program Mahasiswa. Dengan demikian pada akhir mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menyusun proposal penelitian dalam lingkup kajian administrasi publik melalui  proses pembimbingan secara intensif.

 MAPU5400, Tugas Akhir Program Magister (TAPM), 6 sks

TAPM adalah sebuah karya ilmiah yang disusun berdasarkan hasil penelitian terapan tentang pemecahan masalah  manajerial (problem solving), yang mengkaji problematika keseharian pada suatu institusi secara empirik, dan rencana pengembangan sistem atau suatu model dalam bidang kajian administrasi publik. Kompetensi akhir TAPM sebagai karya akademik akhir mahasiswa ini bertujuan untuk:

1.menilai kemampuan mahasiswa dan menjelaskan gagasan, kajian, atau temuannya secara lisan;

2.menilai kemampuan mahasiswa dalam menerapkan pola berpikir ilmiah atau aplikatif saat mempertahankan dan mempertanggungjawabkan gagasan atau temuannya;

3.menilai penguasaan substansi mahasiswa secara komprehensif;

4.memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengkaji ulang dan atau memperbaiki gagasan atau temuannya atas dasar masukan penguji.