Making Higher Education Open To All  mail
 

Deskripsi Matakuliah

EKMA5101, Perilaku Organisasi, 3 sks

Mata kuliah ini mencakup kajian tentang perilaku individu, konsep dasar motivasi, perilaku kelompok, komunikasi, kepemimpinan, struktur organisasi, budaya organisasi, serta perubahan dan pengembangan organisasi. Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu menerapkan konsep dan teori perilaku organisasi serta menganalisis kasus-kasus perilaku organisasi terutama dalam organisasi swasta.

EKMA5102, Sistem Informasi Manajemen, 3 sks

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar keahlian bagi program magister manajemen. Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai konsep sistem informasi sebagai penunjang dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan. Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa dapat menganalisis kebutuhan informasi suatu organisasi dan mendesain input-output subsistem yang diperlukan serta mengenal isi dan database serta bentuk jaringan yang harus disediakan.

EKMA5103, Metode Kuantitatif, 3 sks

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang menyajikan berbagai metode kuantitatif yang dipakai untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan. Secara umum mata kuliah ini membahas mengenai topik pengambilan keputusan, program linier, aplikasi hierarki, game teori serta berbagai analisis statistika seperti anova dan korelasi. Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat mengevaluasi penggunaan berbagai macam alat analisis dalam mengoptimalkan kemampuan pengelolaan dan proses pengambilan keputusan dalam menghadapi dinamika bisnis.

EKMA5104, Metode Penelitian Bisnis, 3 sks

Mata kuliah ini memberikan pemahaman bagaimana peran dan pelaksanaan penelitian dalam lingkungan dunia usaha atau bisnis. Dalam mata kuliah ini mahasiswa dapat belajar mengenai keterampilan teknis penelitian yang mencakup perumusan masalah, rancangan, metode pengambilan data dan prosedur sampling, dan penyusunan instrumen penelitian. Di samping itu, mahasiswa juga dapat mempelajari berbagai macam penelitian seperti penelitian survei, penelitian eksplorasi berikut cara menganalisis dan metode pengolahan data statistik yang terdiri statistik univariat dan multivariat. Terakhir dijelaskan juga tentang cara menulis laporan ilmiah yang baik. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menggunakan Metodologi Penelitian Bisnis untuk melakukan penelitian dalam bidang bisnis sehingga mampu mengevaluasi dinamika bisnis.

EKMA5205, Manajemen Keuangan, 3 sks

Mata kuliah ini membahas berbagai konsep keuangan dengan tujuan bagaimana memaksimumkan kekayaan pemegang saham. Pembahasan modul ini diawali dari tujuan perusahaan sampai dengan keputusan investasi. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu memahami konsep-konsep dalam teori keuangan perusahaan yang berguna dalam pengambilan keputusan dalam bidang keuangan.

EKMA5206, Manajemen Pemasaran, 3 sks

Konsep yang dibahas dalam mata kuliah ini meliputi peran manajemen pemasaran dalam menciptakan keunggulan kompetitif perusahaan. Bagi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini diharapkan mampu memahami dan lebih mendalami tentang pemasaran ditinjau dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian.

EKMA5207, Manajemen Sumber Daya Manusia, 3 sks

Mata kuliah ini merupakan salah satu dari empat kompetensi utama bagi program studi manajemen. Dalam mata kuliah ini dibahas berbagai konsep yang meliputi perencanaan SDM sampai dengan perkembangan karir dan pemberian penghargaan. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu memahami berbagai konsep, metode, dan praktik MSDM, serta dapat melakukan kajian empiris bagi penerapan dan pengembangan MSDM lebih lanjut.

EKMA5208, Manajemen Operasi, 3 sks

Mata kuliah ini membahas konsep-konsep tentang pembuatan produk yang berkualitas, pengaturan tata letak, proses operasi, pemilihan lokasi, pengelolaan bahan baku dan barang jadi serta penjadwalan. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis kasus-kasus pengambilan keputusan yang terkait dengan efisiensi operasi usaha.

EKMA5309, Manajemen Strategik, 3 sks

Mata kuliah ini memberikan gambaran yang sistematis mengenai berbagai konsep yang berkaitan dengan manajemen strategik, yang meliputi pembahasan tentang visi dan misi perusahaan, analisis lingkungan makro, maupun mikro, penggunaan berbagai alat analisis dalam manajemen strategik, di antaranya analisis SWOT. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas pemilihan berbagai strategi, baik di tingkat korporat maupun tingkat unit usaha. Diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis proses manajemen strategik untuk mendukung kesinambungan hidup dan pertumbuhan korporat.

EKMA5300, Seminar dan Workshop Penelitian 2 sks

Mata kuliah ini tidak ada bahan ajarnya dan tidak ada Ujian Akhir Semester (UAS). Pada akhir semester mahasiswa menghasilkan produk “pra proposal”, yang nantinya akan dikembangkan menjadi proposal dan Tugas Akhir Program Magister (TAPM).

EKMA5312, Manajemen Investasi, 3 sks

Mata kuliah ini membahas berbagai konsep dasar manajemen investasi, perkembangan dan mekanisme perdagangan pasar modal Indonesia dan instrumen yang diperdagangkan. Selain itu, juga dikaji konsep dan teori risiko dan return portfolio investasi serta penilaian terhadap obligasi dan sekuritas derivatif. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu untuk mengambil keputusan manajerial yang berhubungan dengan keputusan investasi surat-surat berharga.

EKMA5313, Manajemen Keuangan Internasional, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang pasar valuta asing, determinasi nilai tukar, kondisi paritas internasional, investasi internasional, struktur modal internasional dan manajemen modal kerja internasional. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu membuat keputusan manajerial yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan perusahaan multinasional.

EKMA5400, Tugas Akhir Program Magister (TAPM), 6 sks

TAPM merupakan karya akhir mahasiswa Magister Manajemen berisi tentang kajian atau pemecahan masalah manajerial sesuai bidangnya, yaitu keuangan, sumber daya manusia, pemasaran, ataupun operasi. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa dibimbing oleh 2 pembimbing bergelar S3 sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam pedoman penulisan TAPM.