Making Higher Education Open To All  mail
 

Deskripsi Matakuliah

MMPI5101, Ekologi, 3 sks

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar mengenai ekologi yang membahas tentang: sejarah ruang dan ruang lingkup ekologi, ekosistem, serta berbagai peristiwa yang terjadi di dalamnya, seperti aliran energi dan rantai makanan, dan siklus biogeokimiawi. Di samping itu mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar berbagai faktor pembatas, sifat parameter dan pertumbuhan populasi. Perkembangan ekosistem, berbagai ekosistem pesisir alami, keanekaragaman hayati, serta degradasi ekosistem dan penanggulangannya akan melengkapi modul ini. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk menjelaskan berbagai prinsip dan konsep ekologi. Selain itu dapat menerapkan berbagai prinsip dan konsep ekologi pada berbagai ekosistem terutama ekosistem pesisir dan laut, serta kaitannya dengan kegiatan pengelolaan lingkungan khususnya dalam bidang manajemen perikanan.

MMPI5102, Manajemen Sumber Daya Perikanan, 2 sks

Mata kuliah ini berisi materi tentang pengolahan sumber daya perikanan. Sumber daya perikanan yang dimaksud mencakup tidak hanya sumber daya ikan saja, tetapi juga segala sesuatu yang merupakan masukan atau input bagi kegiatan perikanan, sehingga kegiatan usaha perikanan dapat berlangsung.

Materi yang dipelajari adalah pengertian manajemen dan alasan mengapa sumber daya perikanan perlu dikelola, tantangan usaha perikanan, faktor-faktor yang mempengaruhi karakteristik produksi perikanan, metode analisis penilaian sumber daya ikan, siklus pengelola sumber daya perikanan, dan pilihan pengelolaan sumber daya perikanan.

Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa mampu untuk mengenali lingkup permasalahan yang akan ditangani oleh suatu instansi pengelola sumber daya perikanan dan semakin menyadari pentingnya penguasaan sejumlah disiplin ilmu pengetahuan yang akan dipelajari dari mata kuliah mata kuliah lain di semester berikutnya.

MMPI5103, Statistika, 2 sks

Mata kuliah statistika ini mempelajari tentang konsep dasar dalam statistika dan metode-metode yang merupakan landasan dalam analisis data yaitu: distribusi peluang dan sifat-sifatnya, berbagai bentuk distribusi peluang, distribusi sampling, inferensi mean populasi, inferensi proporsi populasi, analisis variansi, dan analisis regresi.

Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menerapkan konsep dasar statistika untuk berbagai penelitian.

MMPI5104, Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan wilayah pesisir dan laut; karakteristik, struktur, dan dinamika ekosistem pesisir dan laut; rencana pengelolaan perikanan dan wilayah pesisir, teknik dasar perencanaan pesisir dan wilayah pesisir, teknik dasar perencanaan pesisir dan laut, evaluasi ekonomi sumber daya pesisir dan laut. Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa mampu menganalisis permasalahan pesisir dan laut dan menerapkan prinsip-prinsip Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Laut.

MMPI5201, Budidaya Perikanan, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang konsep, prinsip dan kaidah, serta implementasi kegiatan budidaya perikanan berikut perkembangan terakhir teknologi seperti aplikasi ilmu genetika dalam reproduksi ikan, sistem resirkulasi baik dalam pembenihan dan pembesaran ikan maupun perkembangan budidaya perikanan dari skala tradisional hingga modern dalam menunjang perekonomian Indonesia. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk menjelaskan, menganalisis dan menerapkan prinsip-prinsip penanganan faktor-faktor yang mendukung peningkatan produksi perikanan melalui kegiatan budidaya ikan dan faktor-faktor yang menghambatnya.

MMPI5202, Metodologi Penelitian, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat ilmu pengetahuan dan metode ilmiah, penyusunan proposal penelitian, pengumpulan data, pengolahan data, analisis data dan penggunaan aplikasi komputer, dan menyusun laporan penelitian. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa akan memiliki kemampuan menerapkan dasar-dasar metodologi penelitian sehingga mahasiswa mampu membuat proposal penelitian dan laporan penelitian.

MMPI5203, Metode Penangkapan Ikan, 2 sks

Mata kuliah ini memberi pengetahuan mengenai berbagai alat tangkap ikan & cara pengoperasiannya, kapal perikanan, metode dan penangkapan, fishing ground dan mengenali berbagai bahan alat tangkap, alat tangkap dan tata laksana perikanan yang bertanggung jawab. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu mengenali, memahami dan menganalisis keadaan dan permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan penangkapan ikan di laut.

MMPI5204, Ekonomi Pembangunan Perikanan, 3 sks

Mata kuliah Ekonomi Pembangunan Perikanan membahas tentang model pembangunan perikanan dengan mengemukakan landasan teoritis ekonomi dan teori pembangunan perikanan serta pendekatan analisis dan perencanaan pembangunan perikanan berikut berbagai permasalahan pembangunan perikanan di Indonesia dan dunia ketiga seperti ketenagakerjaan, kemiskinan, dan kesenjangan pembangunan perikanan di Indonesia. Di samping itu mata kuliah ini juga memaparkan ukuran keberhasilan pembangunan perikanan secara universal dan dalam konteks Indonesia. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat menganalisis permasalahan ekonomi pembangunan perikanan Indonesia dan selanjutnya dapat memberikan solusi terkait dengan permasalahan yang dihadapi.

MMPI5301, Sosial Ekonomi Masyarakat Perikanan, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar kehidupan sosial, kegiatan ekonomi, karakteristik sosial ekonomi dan perubahan sosial ekonomi masyarakat perikanan berikut permasalahan sosial ekonomi masyarakat perikanan dalam konteks pembangunan perikanan berkelanjutan serta mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh dan peran sosial ekonomi masyarakat perikanan. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa akan mampu menerapkan berbagai konsep dan teori ilmu sosial dan ekonomi dan metode analisis aplikatif dalam memahami dan menganalisis kehidupan sosial ekonomi masyarakat perikanan dalam kerangka mewujudkan pembangunan perikanan berkelanjutan.

MMPI5302, Legalitas Hukum Kelautan dan Perikanan, 4 sks

Mata kuliah ini secara umum membahas tentang perkembangan hukum laut dan wilayah perairan Indonesia, landasan kebijakan pengelolaan laut, pengelolaan sumber daya perikanan tangkap, potensi dan kebijakan perikanan budidaya, pengawasan sumber daya perikanan, penelitian, dan pengelolaan sumber daya kelautan.

Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan dan menerapkan landasan kebijakan yang dapat digunakan dalam pengelolaan wilayah laut dan perikanan Indonesia.

MMPI5303, Pengolahan Hasil Perikanan, 3 sks

Mata kuliah ini membahas prinsip, kaidah dan konsep-konsep kerusakan pascapanen hasil perikanan sebagai bahan pangan serta pengamanan dan peningkatan daya gunanya, aplikasi ilmu dasar dan keteknikan terhadap bahan pangan berasal dari hasil pengelolaan sumber daya perikanan, untuk dapat merancang penelitian serta pengembangan secara mandiri tentang pemanfaatan serta peningkatan daya guna hasil perikanan.

Secara umum setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip penanganan pascapanen dan pengawetan serta pengolahan hasil-hasil perikanan.

MMPI5300, Studi Lapangan, 2 sks

Studi Lapangan (adalah mata kuliah yang dirancang bagi mahasiswa Magister program Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan semester 3 untuk menyiapkan penelitian Tugas Akhir Program Magister (TAPM). Setelah mengambil mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan produk berupa Laporan Studi Lapangan. Laporan Studi Lapangan ini atau yang dapat disebut sebagai praproposal penelitian akan disempurnakan di bawah supervisi pembimbing yang relevan dengan tema penelitian untuk dijadikan sebagai proposal penelitian TAPM.

Mata kuliah ini juga berisi penjelasan tentang permasalahan dalam pengelolaan perikanan di Indonesia, perumusan masalah pengelolaan perikanan, penelusuran kepustakaan, kegiatan prasurvei, pengembangan instrumen dan metode penelitian pengelolaan perikanan, dan penulisan proposal penelitian.

MMPI5400. Tugas Akhir Program Magister (TAPM), 6 sks

TAPM sebagai karya akhir mahasiswa Magister program Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan harus berorientasi pada masalah pengelolaan dan pembangunan perikanan di Indonesia yang sedang berkembang saat ini. TAPM ini juga harus mengacu dan sesuai dengan tujuan program ilmu kelautan bidang minat manajemen perikanan. TAPM merupakan karya ilmiah mahasiswa yang orisinal yang dituangkan secara tertulis untuk menuangkan gagasan, kajian, atau temuannya dengan pola berpikir ilmiah sesuai dengan minat mahasiswa dalam lingkup manajemen perikanan. Karya ilmiah tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan secara akademik secara lisan di depan Sidang Komisi Penguji untuk mengetahui penguasaan substantif mahasiswa secara komprehensif.