Making Higher Education Open To All  mail
 

Program Magister Pendidikan Matematika

Program Magister Pendidikan Matematika (MPMT) UT dirancang untuk memberi kesempatan kepada lulusan S-1 Pendidikan Matematika baik yang berprofesi sebagai guru SMP/MTs, SMA/MA, maupun SMK/MAK, serta dosen perguruan tinggi yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang S2.

Program MPMT-UT mempunyai kurikulum yang didesain untuk menghasilkan guru/pendidik matematika yang profesional dan pengembang pendidikan bidang ilmu matematika yang mampu berpikir deduktif, logis, analisis, dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sebagai guru/pendidik matematika.

Program MPMT-UT sangat sesuai bagi guru dan dosen yang bertugas di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kemampuan sebagai pendidik profesional dan ilmuwan melalui peningkatkan kompetensi bidang pendidikan matematika tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

Visi

Penyelenggara Program Magister Pendidikan Matematika di Indonesia uang dilaksanakan secara jarak jauh, yang mampu bersaing secara regional, nasional, dan internasional.

Misi

1. Meningkatkan kualifikasi akademik dan kemampuan pendidik dalam bidang pendidikan matematika sebagai ilmu yang mendasari perkembagan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.

2. Meningkatkan kemampuan pendidik untuk mengantisipasi dan memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran matematika secara komprehensif dan integratif.

3. Meningkatkan kemampuan pendidik dalam mengantisipasi dan mengelola perkembangan teori, paradigma dan sistem pembelajran matematika untuk menjamin optimalisasi proses dan hasil hasil belajar peserta didik.

4. Berperan aktif dalam pendidikan, pengembangan serta penyebaran ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan dan keguruan di bidang matematika, secara berkesinambungan.

5. Berperan aktif dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan

 

1. Menguasai bidang ilmu matematika sebagai ilmu universal dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menguasai strategi pembelajaran matematika untuk berbagai jenjang pendidikan sehingga mampu mengelola pembelajaran matematika kontekstual secara menarik dan menantang yang membuat peserta didik mandiri, aktif belajar serta mampu memecahkan masalah (problem solving), membuat kaitan (making connection), berpikir logis, sistemis, konsisten dan kreatif.

3. Berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan pendidikan matematika.

4. Berperan serta dalam kehidupan bermasyarakat sebagai penerapan keilmuan matematika dan pembelajaran matematika.

 

Kompetensi Utama

 

1. Mampu mengembangkan kerangka teori & praktek pendidikan matematika berlandaskan pada teori pendidikan & ilmu lain yang relevan.

2. Mampu melakukan kajian reflektif terhadap praktek pendidikan matematika.

3. Mampu melakukan penelitian dalam pendidikan matematika dan mengembangkan berbagai alternatif solusi permasalahan dalam bidang pendidikan matematika.

4. Mengembangkan diri secara profesioanal sehingga dapat mengikuti perkembangan ilmu pendidikan matematika.

Kompetensi Pendukung

1.Menguasai prinsip dan pengelolaan pembelajaran serta mengembangkan program pembelajaran dengan menerapkan inovasi tentang pengelolaan pendidikan matematika secara konkret.

2. Menguasai substansi ilmu dasar matematika.

3. Menguasai berbagai pendekatan dan ketrampilan dalam rangka penelitian.

4. Menguasai ilmu dasar statistika dan alat analisis data untuk penelitian pendidikan matematika kuantitatif dan kualitatif.

5. Mampu menerapkan inovasi tentang pengelolaan matematika secara konseptual.

6. Bersikap inovatif dan adaptif terhadap berbagai inovasi pendidikan matematika.

7. Menguasai konsep informasi dan komunikasi (ICT)