Capaian Pembelajaran MPAUD

Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini memiliki kemampuan sebagai berikut.

a. Sikap
1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.

2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.

4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.

5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.

6. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

8. Mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.

9. Bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

10. Memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

11. Bersikap positif terhadap kemandirian dalam belajar dan pembelajaran seumur hidup, baik untuk kemajuan pribadi, profesional maupun menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan masyarakat.
b. Pengetahuan
1. Menguasai konsep filosofis pendidikan anak usia dini, wawasan sistem pendidikan nasional serta teori dan praktik pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.

2. Menguasai pengetahuan difusi dan inovasi pendidikan anak usia dini.

3. Menguasai pengetahuan tentang pengembangan pembelajaran yang inovatif dan interaktif serta analisis kurikulum pendidikan anak usia dini.

4. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan anak usia dini atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.

5. Menguasai pengelolaan pendidikan anak usia dini termasuk dalam perencanaan dan pembiayaan.

6. Menguasai pengetahuan untuk menganalisis perkembangan pendidikan anak usia dini di Indonesia dan berbagai negara.

7. Menguasai metode evaluasi program pendidikan anak usia dini dan instrumentasi penilaian pembelajaran.

8. Menguasai beragam metode penelitian pendidikan, baik pendekatan kuantitatif maupun kualitatif.

9. Memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan ana usia dini melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

10. Mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan anak usia dini yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
c. Keterampilan Umum
1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah atau penciptaan desain dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian pendidikan anak usia dini, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara;

2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan anak usia dini dalam menyelesaikan masalah di masyarakat yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian pendidikan anak usia dini;

3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan pendidikan anak usia dini yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
d. Keterampilan Khusus
1. Mampu menganalisis masalah pada pendidikan anak usia dini, mengidentifikasi pemecahan masalah serta melaksanakan pemecahan masalah dengan mempertimbangkan implikasinya pada pengelolaan.

2. Mampu mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan interaktif di PAUD, berdasarkan pemahaman peserta didik.

3. Mampu mengembangkan media pembelajaran dalam berbagai format (daring dan luring), dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

4. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan anak usia dini melalui pendekatan riset inter atau multidisipliner.

5. Mampu mengelola pembelajaran pada pendidikan anak usia dini dengan mempertimbangkan keragaman kemampuan intelektual peserta didik.

6. Mampu melakukan studi komparatif pendidikan anak usia dini dari berbagai negara dan melakukan kegiatan kolaboratif secara kolegial/ kesejawatan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam Pendidikan anak usia dini secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.

7. Mampu mengevaluasi program pembelajaran PAUD secara komprehensif mencakup kurikulum, proses pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.

8. Mampu memecahkan masalah pembelajaran dan pengelolaan pendidikan anak usia dini melalui pendekatan inter atau multidisipliner.

9. Mampu melakukan penelitian tentang pendidikan anak usia dini untuk mengembangkan pengetahuan dan menyebarluaskan hasil penelitian dalam berbagai forum.

10. Mampu mengkomunikasikan hasil riset dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pembelajaran yang inovatif dan kreatif bidang pendidikan anak usia dini melalui publikasi ilmiah.

11. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan profesional.

12. Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan anak usia dini melalui pendekatan inter atau multidisiplin