PERSYARATAN PENDAFTARAN

  1. Latar belakang Pendidikan
    1. Sekurang-kurangnya telah lulus pendidikan jenjang S2 dari program studi yang terakreditasi minimum B.
    2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) kelulusan minimum 3,00.
  2. Melakukan pendaftaran sebagai calon mahasiswa program doktor dengan mengisi formulir pendaftaran.Pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui laman UT (http://www.ut.ac.id) pada menu UT Online submenu “Registrasi Online, sesuai dengan jadwal dalam yang telah ditetapkan PPs-UT.
  3. Mengunggah kelengkapan berkas pendaftaran berupa:
      1. Ijazah dan Transkrip S2 (hasil scan dokumen asli, @ satu lembar);
      2. Surat Penyetaraan Ijazah Luar Negeri dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristekdikti/Kemendikbud, khusus bagi lulusan S2 luar negeri (satu set);
      3. Kartu Tanda Penduduk (KTP) (satu lembar);
      4. Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4×6 (dua lembar);
      5. Daftar Riwayat Hidup dan Pengalaman Kerja (Lampiran 1 PDF) (Lampiran 1 WORD);
      6. Formulir Isian Pasfoto, Sidik Jari, dan Tanda Tangan (Lampiran 2 PDF)(Lampiran 2 WORD);
      7. Rancangan penelitian singkat (2.500-3.000 kata) untuk Tugas Akhir Program Doktor/TAPD (Disertasi) (Lampiran 3 PDF)(Lampiran 3 WORD);
      8. Surat Izin Mengikuti Program Doktor UT dari atasan langsung, khusus bagi peserta yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Aparatur Pemerintah (Lampiran 4 PDF) (Lampiran 4 WORD);
      9. Bukti telah mengikuti TPA/TKDA dan TOEFL/IELTS/TOEP dalam jangka waktu 2 (dua) tahun terakhir dengan skor masing-masing minimal 500 untuk TPA/TKDA dan TOEFL/TOEP atau 5,0 untuk IELTS;
      10. Rekomendasi Kelayakan mengikuti program doktor dari dosen S2, atasan, dan/atau sejawat (dua rekomendasi) (Lampiran 5 PDF) (Lampiran 5 WORD);
      11. Surat pernyataan mampu mengoperasikan komputer untuk kepentingan mengikuti pendidikan dan mempunyai akses internet (ditandatangani di atas meterai) (Lampiran 6 PDF) (Lampiran 6 WORD);
      12. Surat pernyataan kesiapan mengikuti program pendidikan doktor, sesuai dengan ketentuan UT, apabila dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa Program S3 UT (Lampiran 7 PDF) (Lampiran 7 WORD); serta
      13. Surat Pernyataan Keabsahan Dokumen, yang ditandatangani di atas meterai Rp10.000,00. (Lampiran 8 PDF) (Lampiran 8 WORD).Catatan:File yang diunggah dibuat dalam format pdf (dengan ukuran maksimal 2 Mb), kecuali ijazah, transkrip, kartu identitas, dan pasfoto dalam format .jpg (dengan ukuran maksimal 2 Mb) 
  4. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp1.000.000,00 (Satu Juta Rupiah) melalui bank mitra UT, yaitu: BRI, Bank Mandiri, BTN, atau BNI.
  5. Mengikuti seleksi administrasi dan tes masuk program S3, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan

SELEKSI
Kegiatan seleksi terdiri atas tiga tahap berikut.

  1. Seleksi administrasi (kelengkapan, otensitas, dan kesesuaian berkas pendaftaran)
  2. Tes masuk, dengan materi:
    1. Tes Potensi Akademik (TPA)/Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA);
    2. TOEFL/TOEP; dan
    3. Tes Substansi.
  3. Wawancara

BIAYA

No Jenis Tarif Satuan
1 Biaya Admisi Rp. 1.000.000,00./peserta
2 Biaya Program Matrikulasi Rp. 6.000.000,00./peserta
3 Uang Kuliah Semester 1-8*) Rp. 12.500.000,00./semester
4 Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program Doktor (TAPD) Rp. 8.000.000,00./mahasiswa
5 Registrasi Mata Kuliah Ulang Rp. 1.000.000,00./mata kuliah

*) Jangka waktu penyelesaian studi program S3 sekurang-kurangnya 6 semester