Deskripsi Matakuliah

MPMT5101, Sejarah dan Filsafat Matematika, 3 sks

Mata kuliah ini berisi tentang: 1) pemahaman terhadap perkembangan matematika dan kaitannya dalam penyelesaian masalah matematika dengan berbagai cara dari masa lalu hingga masa kini, terutama pada matematika persekolahan dan 2) pemahaman terhadap budaya dan filsafat yang berpengaruh pada perkembangan matematika dari karya-karya matematikawan besar dalam sejarah matematika.

MPMT5102, Perkembangan Pendidikan Matematika, 3 sks

Matakuliah ini secara umum membahas tentang perkembangan pendidikan matematika, mulai dari matematika sebagai struktur deduktif, bahasa, ratu dan pelayan ilmu, seni, aktivitas manusia, guna matematika diajarkan di sekolah, pengguna dan berkepentingan dengan matematika, pendidikan matematika sebagai disiplin ilmu, perkembangan pendidikan matematika pada umumnya yang harus sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dan bebas dari pengaruh unsur lain, pengajaran matematika tradisional dan moderen, perkembangan pembelajaran matematika yang terkait dengan perkembangan kurikulum, pendidikan matematika realistik, strategi pembelajaran yang sedang berkembang, dan diakhiri dengan metode mengajar matematika.

MPMT5103, Fondasi dan Bukti Matematika, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang: logika, analisis fungsi, bilangan rasional dan fungsi rasional, rekursi dan induksi matematika, koordinat polar dan bilangan kompleks, turunan dan integral dalam kalkulus, kombinatorik, graft dan sirkuit, dan bukti dalam matematika.

MPMT5104, Aljabar, 3 sks

Mata kuliah ini membahas konsep dasar grup dan lapangan, ruang vektor atas lapangan umum, transformasi linear, ruang transformasi linear, ruang hasil kali dalam, serta nilai eigen dan vektor eigen.

MPMT5201, Geometri, 3 sks

Materi matakuliah ini mencakup topik tentang geometri Euclid, meliputi aksioma insidensi, aksioma urutan, aksioma kekongruenan, aksioma kesejajaran, aksioma kekontinuan, dan transformasi. Penjelasan dan pembuktian teorema dalam[U1] geometri Euclid dilakukan secara analisis dan aljabar linier.

MPMT5202, Teori Bilangan, 3sks

Mata kuliah ini membahas tentang: 1) konsep-konsep matematika yang mendasari persekolahan, 2) latihan keterampilan aljabar, 3) keterampilan membuat bukti matematika, dan 4) struktur aljabar himpunan-himpunan bilangan tertentu.

MPMT5203, Metode Penelitian Pendidikan Matematika, 4 sks

Mata kuliah ini membahas hakikat penelitian, perencanaan penelitian, teknik pengambilan sampel, teknik analisis data dalam penelitian pendidikan, metode survei, metode eksperimen, rancangan kausal komparatif, rancangan korelasional, rancangan penelitian evaluasi dan pengembangan, serta rancangan penelitian observasi serta historikal.

MPMT5204, Analisis Kurikulum Matematika Sekolah, 3 sks

Mata kuliah ini bertujuan memberikan wawasan dan pengalaman kepada mahasiswa dalam menganalisis kurikulum matematika sekolah dan problematika pembelajarannya, serta mencoba mencari alternatif solusi berdasarkan kajian teoritis berlandaskan teori-teori pendidikan dan hasil- hasil penelitian relevan. Kajian mata kuliah ini meliputi: faktor-faktor yang berpengaruh terhadap perubahan kurikulum, tujuan kurikulum matematika sekolah, materi kurikulum matematika sekolah, kompetensi matematis yang

dikembangkan dalam kurikulum matematika, prinsip-prinsip belajar matematika, prinsip-prinsip pembelajaran matematika, prinsip penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika, prinsip asesmen pembelajaran matematika, dan studi kasus analisis kurikulum matematika sekolah di Indonesia.

MPMT5301, Pembelajaran Matematika, 3 sks

Matakuliah ini berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan kosep dasar pembelajaran matematika, model pembelajaran langsung, model pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran kooperatif, pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika, pembelajaran matematika realistik, pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran matematika, pembelajaran matematika menggunakan pendekatan open-ended, dan pendekatan pengajuan masalah.

MPMT5302, Evaluasi Pembelajaran Matematika, 3 sks

Matakulian evaluasi pembelajaran matematika berisi pokok bahasa yang berkaitan dengan tes, pengukuran, asesmen, evaluasi, peran dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran, kebijakan pemerintah dalam bidang evaluasi pendidikan, taksonomi tujuan pendidikan, validitas, reliabilitas, bentuk-bentuk dan pengembangan instrumen, bentuk dan penyusunan asesmen alternatif, analisis instrumen, dan perakitan dan penyelenggaraan tes.

MPMT5303, Analisis Real, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dalam analisis real, yaitu teori himpunan, sistem bilangan real, barisan bilangan real, limit fungsi, fungsi kontinu, turunan fungsi, integrasi Riemann, Teorema dasar, dan barisan fungsi

MPMT5300, Seminar dan Workshop Pendidikan Matematika, 2 sks

Matakuliah ini dimaksudkan sebagai acuan mahasiswa dalam pengembangan proposal penelitian di bidang pendidikan matematika. Matakuliah ini membahas hakikat penelitian pendidikan matematika. Dalam matakuliah ini antara lain dibahas contoh penelitian pendidikan matematika ditinjau dari hasil belajar siswa, peran guru, dan pengembangan perangkat ajar. Selain itu juga dicontohkan cara mengembangkan instrumen penelitian.