UT memberi kesempatan kepada lulusan S1 dari berbagai bidang ilmu dan telah bekerja di bidang perikanan serta lulusan D-IV bidang perikanan untuk mengikuti kuliah Pascasarjana UT pada program Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan (MMP-UT). Program Magister Manajemen Perikanan – UT mendidik mahasiswa menjadi kompeten dan profesional dalam menerapkan teori, menggunakan konsep dan melaksanakan praktek pengelolaan perikanan yang efektif dan efisien. Karena itu, lulusan program MMP-UT akan menjadi manajer yang profesional dan handal dalam bidang manajemen perikanan. Program ini sangat sesuai bagi para pejabat pemerintah pusat, pegawai pada Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), pejabat pemerintah daerah seperti Kepala Dinas Bidang Kelautan dan Perikanan, aktivis LSM, peneliti, serta profesional yang akan meningkatkan kompetensi di bidang manajerial perikanan yang tidak bisa mengikuti kuliah dengan cara tatap muka sangat cocok mengikuti program pascasarjana dengan sistem belajar jarak jauh ini.

Visi

Program Studi menjadi pelaksana pendidikan akademik Manajemen Perikanan unggulan berbasis sumber daya lokal melalui sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh yang mampu bersaing secara nasional, regional, dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik jenjang magister yang berbudaya ilmiah dalam bidang ilmu Manajemen Perikanan yang mendukung pembangunan nasional dengan mengedepankan kebaruan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  2. Menyelenggarakan penelitian yang terkait dengan bidang ilmu Manajemen Perikanan dalam rangka menjawab permasalahan perikanan yang bertaraf lokal, regional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan ilmu            Manajemen Perikanan serta membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di masyarakat.
  4. Mengadakan kerja sama dengan berbagai pihak pada tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berorientasi pada pengembangan ilmu Manajemen Perikanan dan pemecahan masalah di bidang perikanan.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berwawasan luas dalam bidang ilmu Manajemen Perikanan dan memiliki kemampuan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu Manajemen Perikanan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan publik.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan komitmen yang tinggi untuk menerapkan temuan penelitian bidang Manajemen Perikanan bagi pemberdayaan masyarakat.
  4. Menghasilkan temuan-temuan penelitian yang berorientasi pada pengembangan dan penerapan ilmu Manajemen Perikanan untuk menjawab permasalahan publik di bidang perikanan yang bertaraf lokal, regional dan internasional.

Capaian Pembelajaran

a. Kemampuan Kerja

     Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan:

  1. Mampu mengembangkan pengetahuan dan menerapkan ilmu Manajemen Perikanan melalui riset dalam memanfaatkan teknologi budidaya, penangkapan maupun pengolahan hasil perikanan agar menjadi lebih adaftif lokasi, efisien dan ramah lingkungan dan berdaya saing tinggi baik di tingkat lokal, nasional maupun global.
  2. Mampu merencanakan, menganalisis, mengembangkan dan mengevaluasi pemanfaatan sumber daya perikanan dengan menitikberatkan pada kajian dasar-dasar ekologi dan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan dalam meningkatkan potensi perairan agar mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  3. Mampu memberikan masukan terkait dengan upaya pengembangan wilayah, masyarakat dan usaha perikanan yang produktif, berkualitas, efisien, beresiko rendah dan sesuai dengan kaidah perikanan bertanggung jawab (Code of Conduct for Responsible Fisheries) dan Sustanaible Aquaculture.
  4. Mampu menerapkan IPTEK dalam pemanfaatan sumberdaya perikanan berkelanjutan sebagai pelaku utama/pelaku usaha/peneliti/perekayasa/penyuluh/pendidik di sektor kelautan dan perikanan.
  5. Mampu melakukan eksplorasi melalui pengkajian terhadap stok (stock assessment) dan memilih bahan, alat tangkap dan alat bantu yang sesuai agar eksploitasi/penangkapan ikan berjalan secara berkelanjutan.
  6. Mampu mengambil keputusan yang strategis berdasarkan analisis informasi dan data secara mandiri atau kelompok dalam menyelesaikan permasalahan di bidang pengelolaan sumber daya perikanan.
  7. Mampu menyampaikan gagasan dalam bentuk tulisan ilmiah dan laporan penelitian melalui berbagai format informasi (daring dan luring).

b. Penguasaan Pengetahuan

    Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Ilmu Kelautan bidang minat Manajemen Perikanan:

  1. Menguasai prinsip-prinsip dasar ekologi dan prinsip-prinsip pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan.
  2. Menguasai teknik budidaya perikanan/penangkapan ikan yang ramah lingkungan.
  3. Menguasai manajemen usaha budidaya perikanan (aquaculture farming), usaha perikanan tangkap, dan pengolahan hasil perikanan.
  4. Menguasai pengetahuan tentang nilai ekonomi pada usaha perikanan, baik skala industri maupun wirausaha rumah tangga.
  5. Menguasai prinsip-prinsip penanganan dan pengawasan mutu hasil perikanan berdasarkan nilai ekonomis produk perikanan.
  6. Menguasai sistem penjaminan mutu dan regulasi di bidang kelautan dan
    perikanan yang berlaku di pasar lokal, nasional dan global.
  7. Menguasai prinsip-prinsip pemberdayaan masyarakat pesisir dan laut serta pengelolaan sumberdaya perikanan dan perairan yang berkelanjutan.

c. Sikap dan Keterampilan

    Setelah menyelesaikan pendidikan, mahasiswa Program Magister Ilmu Kelautan memiliki sikap dan keterampilan:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap
    religius.
  2. Mampu menginternalisasikan nilai, norma, dan etika akademik.
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  5. Memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  6. Bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  7. Bersikap positif terhadap kemandirian dalam belajar dan pembelajaran seumur hidup, baik untuk kemajuan pribadi, profesional maupun menciptakan kesempatan untuk meningkatkan kualitas kehidupan pribadi
    dan masyarakat.